Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Rasio Solvabilitas

Pengertian Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas atau disebut juga dengan solvency ratio juga ada yang menyebut dengan leverage ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar hutang atau kewajiban jangka panjang. Yang dimaksud jangka panjang adalah lebih dari 1 ( satu ) tahun.

Rasio solvabilitas merupakan rasio seberapa banyak aset perusahaan yang dimiliki olehpemegang saham dibandingkan dengan aset yang dimiliki oleh kreditur ( pembei hutang ). Jika pemegang saham memiliki lebih banyak aset, maka perusahaan tersebut belum memilii leverage ( daya ungkit ). Namun jika kreditur memiliki aset lebih banyak daripada hutang, maka perusahaan tersebut dapat dinyatakan memiliki leverage yang tinggi. Rasio ini sangat penting untuk memahami bagaimana struktur modal dan resiko resikonya.

Ada Tiga Jenis Rasio Solvabilitas yaitu:

  1. DER ( Debt To Equity Ratio ).
  2. Debt Ratio.
  3. Time Interest Earned Ratio.

DER atau Debt To Equity Ratio adalah rasio keuangan yang menunjukan proporsi antara ekuitas ( kekayaan ) dan hutang yang digunakan untuk membiayai aset perusahaan. Rumus dari DER adalah:

Debt to Equity Ratio (DER) = Total Hutang / Ekuitas.

Kalkulator DER sebagai berikut:

 

Debt Ratio / Ratio Hutang

Rasio Hutang atau Debt Ratio adalah rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan mengandalkan hutang untuk membiayai asetnya.

Rumus Rasio Hutang

Rasio Hutang = Total Hutang / Total Aset

Kalkulator Rasio Hutang

Time Interest Earned

Times Interest Earned adalah rasio yang mengukur kemampuan perusahaan untuk membayar beban bunga di masa depan.  Times Interest Earned juga disebut dengan Interest Coverage Ratio.

Rumus Times Interest Earned Ratio

Times Interest Earned Ratio = Laba sebelum Pajak dan bunga / Beban Bunga

Spread the love