Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Rasio Lancar

Rasio Lancar / Current Ratio.

Rasio lancar adalah rasio untuk mengukur suatu perusahaan dalam membiayai kewajibannya dalam jangka pendek. Jangka pendek adalah kurang dari satu tahun. Rasio ini berfungsi menjadi rambu rambu perusahaan untuk tetap bagus kemampuannya dalam membiayai kewajibannya jangka pendek. Begitu juga terhadap kreditur, kreditur dapat menganalisa pemberian kredit melalui kemampuan perusahaan dalam membiayai kewibannya jangka pendek, sehingga tidak ragu ragu untuk memberikan kredit apabila rasio lancar perusahaan bagus.

Rumus Current Ratio:

Current Ratio = Harta Lancar / Kewajiban Lancar * 100%

Ukuran Penilaian Rasio Lancar / Current Ratio.

Ukuran Ideal Rasio Lancar / Current Ratio idealnya 2 ( dua ).




Semakin tinggi rasio lancar semakin bagus atau likuid suatu perusahaan. Rasio lancar ini idealnya bernilai 2 kali. Nilai 2 dianggap sebagai posisi yang aman dalam keuangan. Namun hal ini tergantung perusahaan dalam menentukan titik ideal rasionya, tergantung kebijakan keuangan dalam menentukan. Namun yang umum adalah nilai dua yang dapat diterima atau acceptable.

Jika nilai rasio keuangan dibawah 1, maka perusahaan dapat dikatakan kesulitan dalam arus kas atau kemampuannya untuk membiayai kewajiban jangka pendek, tentu jika dibawah 1 segera perlu diberikan tindakan agar mencapai nilai ideal, yaitu 2.

Bagaimana apabila nilai current rasio lancar lebih dari 2?..

Kalau menurut kreditur bagus, karena jauh dari kesulitan pembayaran kredit. Tetapi dari investor tidak bagus, karena perusahaan cenderung tigak mampu menggunakan keuangan ( kas ) dengan baik dalam mengoptimalkan laba di perusahaan.

Berikut kalkulator Current Ratio atau Rasio Lancar.

Contoh Kasus:

Perusahaan Sehat.

Perusahaan A memiki Aset Lancar ( Kas ) Rp. 2.000.000.000

Perusahaan A memiliki Kewajiban lancar Rp. 1.000.000.000

Maka Current Rasionya adalah 2 ( perusahaan baik ).

Perusahaan Tidak Sehat.

Perusahaan A memiliki Aset Lancar ( Kas ) Rp. 2.000.000.000

Perusahaan A memiliki kewajiban lancar Rp. 3.000.000.000

Maka current ratio adalah 0,6 ( perusahaan tidak sehat ).



Spread the love