Rasio Cepat

Rasio Cepat / Quick Ratio

Rasio Cepat atau Quick Ratio merupakan rasio yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangan pendeknya dengan menggunakan aset yang paling cepat likuid atau aset yang mendekati atu mudah diuangkan.

Untuk memahami rasio cepat atau quick ratio kita perlu memahami aset cepat atau quick asset atau disebut dengan aset lancar atau aktiva lancar yang dapat dengan mudah ditunaikan atau dijadikan uang tunai.

Rasio cepat digunakan untuk mengukur kekuatan atau kelemahan keuangan perusahaan. Denan rasio cepat kreditur dapat mengetahui jumlah hutang jangka pendek perusahaan dan bagaimana akan dipenuhi dengan aset lancarnya atau dengan menjual tunai aset dengan cepat atau paling skinga. Aset cepat ini juga disebut dengan Acid  Test Ratio.

Rumus dari Rasio Cepat Adalah sebagai berikut:

Rasio Cepat = ( Aktiva Lancar – Persediaan ) / Kewajiban Lancar.

Keterangan:

  • Aktiva lancar atau aset lancar adalah aset yang dengan mudah ditunaikan atu dikonversi menjadi uang tunai.
  • Hutang lancar adalah hutang yang harus dibayar dalam waktu dekat atau kurang dari satu tahun atau sesuai dengan siklus perusahaan.
  • Inventory atau Persediaan adalah produk produk yang bisa dijual, termasuk produk produk yang masih proses produksi yang siap dengan cepat untuk dijual.

Penilaian Terhadap Rasio Cepat.

Yang menjadi ukuran bahwa perusahaan sehat rasio cepat lazimnya adalah 1. Apabila kurang dari 1, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut tidak saat dalam membiayai kewajiban lancarnya jangka pendek.

Kalkulator Rasio Cepat

[CP_CALCULATED_FIELDS id=”10″]

Spread the love