Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Penting Mengetahui, Apakah Syarat Usaha Baru?

Memulai usaha bukanlah gampang, melainkan kita harus mengetahui syarat syarat apa saja yang perlu kita ketahui dan kita laksanakan. Karena usaha baru memiliki resiko yang tinggi. Berikut biizaa akan menyampaikan syara syarat usaha baru sebagai berikut:

Yang pertama adalah low cost atau biaya rendah, pilihlah usaha yang berbiaya rendah dulu, karena kita belum memiliki pengalaman, jaringan yang luas, pasar yang sudah pasti dan lain lain. Sehingga dengan memilih biaya yang rendah, maka akan meminimalkan resiko kerugian bahkan kebangkrutan.




Yang kedua adalah yang marketable, artinya pasarnya sudah ada. Apabila kita terlalu kreatif membuat suatu produk, namun pasarnya atau konsumennya belum ada, maka kita akan kesulitan menjual, belum lagi harus mengedukasi pasar atau mengajari konsumen, memperkenalkan konsumen tentang produk kita, tentu ini akan memakan waktu, biaya, tenaga, pikiran dan kesempatan. Mending pilihlah usaha yang pasarnya sudah ada, atau konsumen sudah menggunakan atau mengkonsumsi.

Yang ketiga adalah profitable artinya usaha yang anda mulai menguntungkan atau memiliki keuntungan tinggi. Sehingga kita memiliki margin keuntungan yang tinggi. Karena bisnis baru belum mengetahui biaya biaya yang tidak terduga, sehingga jika tidak memiliki keuntungan yang tinggi maka akan habis untuk membiayai hal hal yang belum kita ketahui.

Di atas merupakan tiga syarat memulai usaha baru, selanjutnya biizaa akan memberikan contoh usaha yang memiliki tiga syarat tersebut. Sebagai contoh adalah Usaha produksi jamu gendong.




Usaha produksi jamu gendong memenuhi tiga syarat terseut, yang pertama adalah biaya rendah atau low cost, yang dibutuhkan bahan baku hanyalah empon, empon gula dan air, serta bisa dimasak dengan blender, sehingga tidak membutuhkan biaya banyak.

Yang kedua adalah marketable atau pasarnya ada. Banyak masyarakat yang sudah terbiasa minum jamu, sehingga tidak perlu mengedukasi konsumen atau memperkenalkan produk kita ke konsumen.

Yang ketiga adalah profitable, artinya margin dari keuntungan jualan jamu gendong adalah tinggi, bisa mencapai 50%, sehingga resiko isa dikurangi.

Di atas merupakan syarat syarat memulai usaha dan contohnya. Semoga bermanfaat dan mohon untuk sebar luaskan artikel ini. @biizaabisnis

Spread the love

Tinggalkan Balasan