Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Penting Dipahami Bisnis Model Lama dan Bisnis Model Baru.

Paradigma ekonomi berubah yang semula agraris bergeser ke industri, industri bergeser ke keuangan dan kini telah sampailah pada era teknologi informasi dan komunikasi.

Hal tersebut diatas mengakibatkan pergeseran model bisnis, dan tentu model bisnis lama akan ketinggalan dengan bisnis model baru apabila kita tidak menyesuaikan. Lalu bagaimana perbedaan bisnis model lama dan bisnis model baru?

Bisnis Model Lama.

Bisnis model lama lebih mengutamakan produk, jadi usaha dimulai dari produk. Karena sumberdaya alam melimpah dan mudah untuk digunakan produk. Ini era industri, dimana sumberdaya alam dikelola dijadikan produk dan digunakan sebagai model bisnis.

Bisnis Model Baru.

Bisnis model baru bukan mengutamakan produk, melainkan mengutamakan konsumen. Jadi Bisnis model baru bukan dimulai dari membuat produk dahulu, tetapi dimulai dari memahami konsumen. Apa saja yang dipahami, yaitu kebutuhan konsumen untuk dipenuhi. Masalah konsumen untuk diselesaikan dan harapan konsumne untuk dilayani. Karena sumber daya alam sudah mulai menipis dan perkembangan atau perubahan konsumen begitu cepat. Sehingga apabila kita mengutamakan membuat produk, bisa jadi produk kita sudah kehilangan trend atau sudah tidak diminati konsumen lagi.

Apabila model lama digunakan di model baru, kebanyakan usaha usaha tersebut jatuh, karena ketinggalan trend pasar dan kesulitan pemasaran. Untuk itu mengalisa konsumen dahulu baru membuat produk adalah model bisnis baru.

Bisnis model baru tersebut di dukung dengan ketersediaan informasi dan komunikasi bahan baku, yang mudah kita dapatkan melalui sosial media. Untuk itu apabila usaha kita ingin bertahan dan sukses maka gunakanlah model bisnis baru, yaitu dengan mengutamakan atau mendahulukan menganalisa pasar selanjutnya menenuhi, daripada membuat produk lalu bingung dan rugi karena tidak laku. @biizaabisnis.

Spread the love

Tinggalkan Balasan