Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Pengertian Balance Score Card Sebagai Pengendalian Perusahaan.

Suatu perusahaan yang telah direncakan baik menggunakan perencanaan bisnis ( business plan ) atau menggunakan BMC ( Business Model Canvas ) tidak bisa dijalankan dengan baik tanpa dikendalikan operasionalnya. Dan salah satu Pengendalian Perusahaan Dengan Balance Score Card.

Lalu apakah balance score card itu?..



Yang pertama kita ambil pengertian dari kata balance score card, balance artinya seimbang, dalam hal ini keseimbanga antara finansial dan non finansial, keuangan dan bukan keuangan. Karena apabila dahulu sebelum ada balance score card perusahaan hanya diukur dari keuangannya saja, tetapi setelah ada balance score card diukur dari empat hal sebagai berikut:
  1. Perspektif Keuangan ( Kepuasan Keuangan ).
  2. Perspektif Konsumen ( Kepuasan Konsumen ).
  3. Perspektif Proses Bisnis Internal ( Sistem Bisnis ).
  4. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, artinya ada pembelajaran dan pertumbuhan sumber daya manusianya.

Ke empat hal itu yang menjadi variable untuk keseimbangan dalam menjalankan operasional perusahaan. Karena apabila keuangan puas tetapi konsumen tidak puas, maka dapat dipastikan perusahaan akan bangkrut, begitu juga apabila kosumen puas tetapi tidak ada laba atau keuntungan, maka perusahaan juga akan bangkrut. Begitu juga dengan dua variable lainnya, yaitu proses bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan.

Serlanjutnya apa yang dimaksud dengan scorecard?

Scorecard adalah alat untuk mengukur performance atau kinerja suatu perusahaan atau organisasi perusahaan. Score Card mencatat dan mengukur kemajuan suatu perusahaan dari empat variable di atas. 



Dengan demikian maka balance score card merupakan alat untuk mengukur opersional atau performance perusahaan dalam mencapai tujuan sesuai denga visi, misi dan nilai yang direncanakan dalam bisnis plan atau business model canvas.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah, ketika suatu perusahaan setelah membuat perencanaan maka harus diimplementasikan, dan agar implementasi tetap terjaga dalam koridor tujuan perusahaan, maka perlu di ukur, dan yang diukur dalah kepuasan keuangan, kepuasan pelanggan, sistem internal dan pembelajaran serta pertumbuhan menggunakan Balance Score Card. @supriadiasia.

Spread the love

Tinggalkan Balasan