Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Memahami Manajemen Perubahan Dalam Organisasi Bisnis dan Publik.

Dunia terus berubah dan berkembang, kita sebagai pengusaha maupun pemimpin publik perlu memahami manajemen perubahan. Agar perubahan mampu dijalankan sesuai dengan perkembangan yang ada. Penting kita memahami apa yang dimaksud dengan manajemen perubahan dan mengapa perlu manajemen perubahan.

Manajemen perubahan adalah strategi dan mulai dari persiapan, perencanaan, implementasi, penilaian dan pengembangan bagaiamana individu individu dalam organisasi baik bisnis maupun publik berubah untuk mendorong keberhasilan visi dan misi organisasi baik bisnis ( perusahaan ) maupun publik ( pemerintah / negara ).

Mengapa Manajemen Perubahan Penting?…




 

Yang pertama adalah menyesuaikan dunia luar yang selalu berubah, terutama perubahan pasar atau perubahan masyarakat. Apabila perusahaan maka manajemen perubahan disesuaikan dengan kondisi pasar ( konsumen ), apa yang dibutuhkan, apa yang menjadi masalah dan apa harapannya. Begitu juga dengan perubahan dalam organisasi publik. Pemerintah atau negara perlu memahami manajemen perubahan agar memahami kebutuhan, masalah dan harapan masyarakat untuk dilayani negara.

Yang kedua adalah mengurangi GAP atau kesenjangan antara target yang dihasilkan dan syarat apa yang harus disiapkan, karena menentukan target perlu diiringi dengan syarat, baik aktivitas apa yang dilakukan dan membutuhkan sumber daya manusia yang bagaimana. Dengan demikian, maka manajemen perubahan sangat dibutuhkan untuk mendukung visi dan misi sebuah organisasi.

Yang ketiga adalah mengurangi resiko, karena tanpa manajemen perubahan sama saja perusahaan atau pemerintahan membuat resiko. Karena antara target dan kondisi individu maupun organisasi jauh berbeda dengan target, hal ini akan menjadi resiko gagal perusahaan maupun organisasi publik seperti pemerintahan. Oleh sebab itu manajemen perubahan sangat penting untuk mengurangi resiko.

Yang keempat adalah memperlakukan individu dalam organisasi dengan benar. Perubahan target, perubahan program atau perubahan visi dan misi, perlu diiringi dengan perubahan individu. Jika inidividu tidak dirubah sesuai dengan target atau visi dan misi yang baru maka akan terjadi gap, dan gap inilah yang membuat individu tidak semangat atau demotivasi, dan kurang produktif. Maka dengan manajemen perubahan akan bisa disetarakan kemampuan, ketrampilan, pengetahuaan dan perilaku individu dalam perusahaan yang tepat.

Apa saja yang perlu dirubah dalam manajemen perubahan?

Yang perlu dirubah dalam manajemen perubahan, yang pertama ada individu, individu dalam organisasi tersebut. Individu dalam organisasi dirubah mulai dari mindset ( pola pikir ), skill ( ketrampilan ) dan pengetahuannya seiring dengan tujuan perusahaan yang berubah, baik seperti visi dan misi maupun program program organisasi.




Yang kedua adalah organisasinya atau sistem kinerja perusahaan atau organisasi publiknya, perlu dirubah sistem kinerja sesuai dengan visi, misi dan programnya. Dengan merubah sistem lebih efektif, efisien dan ekonomis sesuai dengan visi, misi dan program merupakan bagian dari manajemen perubahan.

Yang ketiga yang perlu diperhatikan dalam manajemen perubahan adalah kemampuan organisasi baik organisasi bisnis ( perusahaan ) atau organisasi publik ( pemerintahan ). Apakah sumberdayanya mencukupi atau tidak, apabila tidak mencukupi kemungkinan besar akan gagal dalam manajemen perubahan. Seperti contoh adalah kemampuan finansial atau keuangan perusahaan. @supriadiasia.

Spread the love

Tinggalkan Balasan