Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

Memahami 4 Perspektif Dalam Balance Score Card.

Untuk menginplementasikan visi dan misi suatu perusahaan harus dijaga performa atau kinerjanya, dan alat untuk mengukur performa adalah balance score card. Balance Score Card adalah alat untuk mengukur kinerja perusahaan dengan empat sudut pandang atau perspektif.

4 Sudut Perspektif Balance Score Card tersebut adalah:

  1. Perspektif Pelanggan.
  2. Perspektif Keuangan.
  3. Perspektif Proses Bisnis Internal.
  4. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan ( Sumber Daya Manusia ).




 

Dari empat perspektif tersebut akan kita jelaskan satu persatu agar kita memahami ketika kita akan menggunakan balance score card untuk mengimplemenrtasikan visi dan misi perusahaan.

Yang pertama adalah Perspektif Pelanggan.

Perspektif pelanggan adalah mengukur kepuasan pelanggan dan bagaimana perusahaan mencapai kepuasan pelanggan. Apa saja yang perlu dilakukan dan diukur oleh perusahaan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Yang kedua adalah Perspektif Keuangan

Perspektif Keuangan adalah kepuasan keuangan, bagaimana target keuangan terpenuhi atau terpuaskan dan bagaimana mengukur serta menilai dan mencapai perspektif keuangan.

Yang ketiga adalah Perspektif Proses Bisnis Internal.

Perspektif Proses Bisnis Intenal adalah bagaimana proses dalam mencapai kepuasan keuangan dan pelanggan tercapai, proses kerja kunci apa yang membuat perusahaan mencapai visi dan misinya serta cara mengukur dan menilainya.

Yang keempat adalah Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan ( Sumber Daya Manusia ).



Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan dalam hal ini adalah Sumber Daya Manusianya. Bagaimana mutu sumberdaya manusia, pelatihannya, pertumbuhan ketrampilan, pengetahuan dan lain lainnya sehingga sumber daya manusia bisa diukur untuk mencapai tujuan perusahaan.

Ke empat perspektif diatas merupakan variable untuk mengukur, membuat target dan apa yang dilakukan dalam hal mencapai tujuan perusahaa. @supriadiasia.

Spread the love

Tinggalkan Balasan