Apa Manfaat Utama Balance Score Card?..

Balance score card merupakan sebuah alat atau tools untuk menjaga kinerja perusahaan untuk mencapai visi dan misinya dengan menilai, mentarget, mengukur dan merencanakan aksi ( kerja ) dalam empat perspektif.

Empat perspektif dalam balance score card tersebut adalah?

  1. Perspektif Pelanggan atau kepuasan pelangga.
  2. Persektif Keuangan atau Kepuasan Keuangan.
  3. Perspektif SIstem Bisnis Internal.
  4. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.



 

Ke empat perspektif tersebut untuk diukur dan dinilai guna mencapai target dengan seimbang, karena apabila tidak seimbang akan tidak akan berkembang suatu perusahaan.

Lalu apa Manfaat Balance Score Card itu sendiri?

  1. Mengklarifikasi Strategi, dengan memperjelas tujuan, memperjelas ukuran, memperjelas target, memperjelas apa yang harus dilakukan kepada seluruh anggota dalam organisasi atau perusahaan.
  2. Mobilitasi Seluruh Anggota Organisasi Perusahaa, dengan adanya balance score card organisasi perusahaan akan lebih dapat digerakan atau dimobilisasi karena jelas tujuannya, jelas ukurannya, jelas targetnya dan jelas apa yang dilakukan oleh seluruh anggota organisasi dalam perusahaan.
  3. Penyelerasan Seluruh Kegiatan. Dengan balance score card maka akan dapat diselaraskan baik dalam bidang pemasaran, keuangan, pertumbuhan sumberdaya manusia dan pembangungan sistem organisasi perusahaan.
  4. Mendefinisikan tingkat pengukuran perusahaan. Dengan Balance Score Card maka kinerja perusahaan dapat terukur dan apabila terukur maka akan bisa diselesaikan masalahnya dan akan bisa ditingkatkan kinerjanya. Karena terukur semua.


  5. Komunikasi pada tujuan dan hasil. Dengan adanya balance score card maka apa yang menjadi tujuan, visi dan misi serta ukuran, target dan apa yang dilakukan kepada seluruh organisasi dalam perusahaan dapat dikomunikasikan dengan mudah.
  6. Merangsang ketetlibatan organisasi atau anggota organisasi dalam perusahaan, atau customer engagement. Dengan adanya target, ukuran, dan penilaian, maka seluruh anggota perusahaan akan terangsang untuk terlibat.

Di atas merupakan manfaat perusahaan atau organisasi menggunakan Balance Score Card. @supriadiasia.

Spread the love

Tinggalkan Balasan