Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

9 Langkah Memulai Usaha Baru

9 Langkah Memulai Usaha Baru. Banyak usaha mikro kecil dan menengah berdiri, tetapi juga banyak yang jatuh di awal, ditengah dan tidak mencapai tujuan. Hal tersebut karena pendiri masih belum memiliki pengalaman belum berpikir komprehensif atau menyeluruh tentang bagaimana cara membuka usaha, sehingga ada tahapan penting yang seharusnya dilalui, tetapi tidak dilalui, sehingga menjadi masalah di tengah dan menjadikan usaha itu terhenti.

Untuk itu kami menyampaikan tentang langkah langkah yang perlu ditempuh untuk usaha baru, sehingga usaha dimulai lebih lengkap dan dijalanka lebih baik dan aman dikemudian hari dari resiko resikonya. Berikut adalah langkah langkah menyusun usaha baru.




Yang pertama adalah melakukan penelitian atau riset, yang utama adalah riset tentang konsumen, ada 3 hal yang untuk meneliti konsumen yaitu, kebutuhan untuk dipenuhi dengan produk kita, yang kedua adalah masalah yang bisa diselesaikan dengan produk kita, yang ketiga adalah harapan yang bisa dipenuhi oleh produk kita. Kebutuhan, masalah dan harapan, adalah kunci utama untuk meneliti konsumen. Selanjutnya setelah meneliti konsumen, adalah meneliti lini belakang, yaitu meneliti darimana barang, solusi dan pemenuhan harapan konsumen di dapat, siapa yang mejadi supplyer dari produk kita dan bagaimana bisnis kita dijalankan.

Yang kedua adalah membuat perencanaan atau business plan ( rencana ) bisnis. Untuk membuat bisnis plan atau rencana bisnis dapat menggunakan tools atau alat yang disebut dengan Business Model Canvas. Dengan Business Model Canvas akan lebih mudah bisnis direncanakan, sehingga tahu konsumennya siapa, kebutuhan, masalah dan harapannya itu apa. Selanjutnya nilai atau produk apa yang ditawarkan kepada konsumen, bagaimana produk bisa sampai dan dinikmati konsumen, bagaimana membangun hubungan dengan konsumen, bagaimana menyusun rencana kerja, sumberdaya apa saja yang dibutuhkan, partner atau supplyer siapa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana menyusun anggaran serta darimana saja sumber pendapatan diperoleh.

Yang ketiga adalah membuat rencana keuangan, mulai menyusun darimana dana diperoleh atau modal diperoleh, apakah dari modal pribadi, modal orang lain atau investor, modal pinjaman atau hutang, atau bekerjasama dengan pihak lain. Lalu dari dana yang di dapat digunakan untuk apa saja hingga target menghasilkan rugi atau laba perlu direncanakan dengan baik, sehingga dalam menjalankan usaha ada arah keuangan dengan baik.

Yang ke empat adalah membentuk badan usaha, apabila buka usaha pribadi, maka perlu membentuk badan usaha. Badan usaha ada badan usaha berbadan hukum dan badan usaha bukan badan hukum. Semua punya kelebihan dan kekurangan. Badan usaha bukan badan hukum misalnya adala firma atau cv. Firma atau cv adalah badan usaha, tetapi bukan badan hukum. Sedangkan badan usaha yang berbadan hukum contohnya adalah PT atau Perseroan Terbatas dan BUMDes Berbadan Hukum. Untuk itu perlu memahami bisnisnya apa dan badan hukum yang cocok apa untuk usaha.




Yang kelima adalah membuat nama usaha, karena nama usaha berkaitan dengan perijinan, pemasaran dan lain lain. Setelah memiliki nama usaha, perlu mendaftarkan, mulai mendaftarkan badan usaha, perijinan maupun mendaftarkan merk atau brand apabila dibutuhkan. Membuat nama perusahaan, nama produk dan mendaftarkan adalah langkah langkah penting dalam mendirikan usaha.

Yang keenam adalah memilih sistem informasi akuntansi, karena akuntansi merupakan bahasa bisnis yang harus dimiliki oleh perusahaan. Karena tanpa akuntansi, perusahaan sulit diukur dan dikendalikan. Sehingga apabila mempunyai masalah sulit untuk diselesaikan dan juga sulit untuk dikembangkan karena tidak terukur keuanganya. Untuk mendapatkan software / aplikasi online sekaligus pelatihan dan menyusun langsung akuntansi usaha anda, dapat mengikuti pelatihan online di https://biizschool.com/webinar/ yang memberikan layanan mulai dari pelatihan, software hingga installasi atau setup akuntasi.

Yang ketujuah adalah menyiapkan lokasi bisnis, dengan mempertimbangkan berbagai hal, diantaranya adalah dengan konsumen agar mudah dikunjungi atau konsumen mudah mendapatkan produk, dekat dengan supplyer sehingga mudah untuk mendapatkan bahan baku, dan setiap usaha memiliki karakteristik tempat atau lokasi yang ideal.

Yang ke delapan adalah menyiapkan sumber daya manusia, dengan menganalisa kebutuhan sumberdaya manusia, hingga merekrut, melatih dan mengembangkan sumberdaya manusia nya. Ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam merekrut sumberdaya manusia. Yang pertama adalah dinilai karakter atau perilakunya, yang kedua dalah dinilai pengetahuanya, dan yang ketiga adalah dinilai ketrampilannya. Ketiga hal tersebut yang digunakan untuk menilai dalam merencanakan dan merekrut sumberdaya manusia.

Yang ke sembilan promosikan perusahaan dan produk. Perusahaa perlu dipromosikan agar dikenal dan membangun kepercayaan konsumen, sedang produk perlu dipromosikan agar dikenal dan dimanfaatkan oleh konsumen. Mempromosikan sekaligus membangun jalur distribusi agar konsumen mudah mendapatkan adalah langkah ke sembilan yang perlu ditempuh oleh usaha baru.




Di atas merupakan langkah langkah untuk membuka atau memulai usaha baru. Untuk konsultasi online, bisa menghubungi Whatsapp kami, 085634524839 ( Biizaa Asia ).

Spread the love

Tinggalkan Balasan