Gratis aplikasi akuntansi 6 bulan ?

10 Langkah Membangun Budaya Perusahaan Besar.

Dalam perusahaan besar ada 2 hal yang perlu dibangun, yang pertama adalah individu sumberdaya manusianya. Yang kedua adalah organisasinya. Salah satunya adalah budaya perusahaan itu sendiri.

Jika untuk membangun individu dalam perusahaan perusahaan akan membangun attitude ( perilaku ), skill ( ketrampilan ) dan knowledge ( pengetahuan ). Maka organisasinya yang dibangun adalah leadership ( kepemimpinannya ), corporate system ( sistem perusahaan ) dan corporate culture ( budaya perusahaannya ).



 

Dengan membangun budaya perusahaan maka akan menciptakan sinergi antar individu, kinerja dan otomatisasi pekerjaan antar individu yang baik. Untuk itu perusahaan besar harus membangun budaya perusahaannya. Berikut adalah langkah langkah dalam membangun budaya perusahaan.

10 Langkah Membangun Budaya Perusahaan Besar.

Yang pertama adalah Transparansi, transparansi sangat mempengaruhi seluruh orgaisasi, karena dengan transparansi seluruh angota organisasi dalam perusahaan akan mengetahui visi misi, target, ukuran dan apa yang dilakukan oleh setiap individu. Tidak sedikit pelamar kerja milenial yang menanyakan tentang posisi keuangan perusahaan, valuasi perusahaan dimana dia bekrja. Karena keuangan merupakan bahasa bisnis perusahaan, begitu juga dengan karyawan. Dengan mengetahui transparansi posisi keuangan perusahaan, maka perusahaan akan lebih dipercaya dan terbangun budaya kerja yang baik.

Yang kedua adalah menilai atau menghargai kinerja dari seluruh anggata organisasi dalam perusahaan terutama karyawan. Dengan memberikan reward atau penghargaan lain atas nilai yang diberikan kepada perusahaan.

Yang ketiga adalah hubungan antara karyawan, dengan membangun hubungan yagn harmonis antar karyawan dan antar divisi akan menciptakan hubungan dan budaya komunikasi yang baik.



Yang keempat adalah memberikan otonomi atau kepercayaan kepada karyawan, dengan memberikan kepercayaan tetapi tetap dalam kontrol perusahaan akan membangun budaya perusahaan yang baik dan karyawan lebih produktif karena mampu mengaktualisasikan diri kemampuannya.

Yang kelima adalah flexibel, apalagi di era teknologi informasi yang segala sesuatu cepat berubah, maka dibutuhkan fleksibilitas dalam menentukan kebijakan perusahaan terhadap karyawan atau anggota organisasi dalam perusahaan.

Yang keenam adalah komunikasi, mengkomunikasikan tujuan dan kepuasan karyawan dalam perusahaan. Dengan membangun komuikasi perusahaa akan mengetahui apa yang menjadi tujuan dan kepuasan karyawan, sehingga bisa diarahkan atau dibangun untuk membentuk budaya perusahaan.

Yang ketujuh adalah promosi baik personal maupun tim dalam perusahaan, dengan mempromosikan maka seseorang diangap berkompeten dan lebih dihargai, sehingga menjadi termotivasi untuk melakukan tugas diperusahaan.



Yang kedelapan adalah memberikan dorongan atau motivasi,baik berupa target, reward, atau bahkan punishment bagi yang cocok menggunakan metode punishment.

Yang kesembilan adalah membangun nilai nilai atau aturan dalam perusahaan untuk membentuk budaya perusahaan, aturan sebagai social engineering atau rekayasa sosial dalam perusahaan untuk membuat perubahan atau transformasi menuju perusahaan lebih baik.

Yang kesepuluh adalam membangun budaya perusahaan dengan usaha yang tepat, target dan ukuran yang tepat atau bisa menggunakan balance score card. @supriadiasia.

Spread the love

Tinggalkan Balasan